Langsung ke konten utama

Pantai Licin


Pantai Licin atau Pantai Nglicin begitulah penduduk setempat menyebut dengan dialek mereka, terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, tidak ada informasi yang jelas kenapa disebut licin atau nglicin. Pada awal Tahun 90-an pantai ini cukup dikenal karena waktu itu pantai tersebut berada didekat Lokasi Comdeca (perkemahan pertama se-dunia). Fasilitas infrastruktur yang menuju pantai tersebut dibangun begitu baik dengan tidak merubah ke-asli-an pantai tersebut, jalan beraspal sampai ke pantai.

Sekarang kondisi pantai ini tetap seperti dulu, hanya jalan yang menuju kesana yang rusak hampir 50% antara perkampungan Desa Lebakharjo sampai Dusun Licin, penyebab kerusakannya paling dominan karena longsor dan terkikis air.
Kondisi seperti sekarang paling cocok bagi anda yang berjiwa advanture, pantai indah yang masih asli yang harus ditempuh dengan mendaki dan menuruni bukit serta tebing yang agak curam. Desain jalan yang berliku-liku naik dan turun, menjadi tantangan tersendiri untuk mencapai tempat tersebut.
Jika anda tertarik kesana, rute jalan yang ditempuh dari Kota Malang atau Lumajang adalah berhenti dipertigaan sumberejo Desa Tamanasri, setelah tiba di sumberejo perjalanan dilanjutkan menuju Desa Lebakharjo. Jalan antara Sumberejo-Lebakharjo telah beraspal bagus, sepanjang jalan anda akan disuguhi pemandangan yang menawan. Hutan, jalan yang curam membuat kita tertantang untuk melanjutkan perjalanan.
Perjalanan selanjutnya adalah dari Perkampungan Desa Lebakharjo menuju ke Dusun Licin, pada perjalanan ini hanya bisa dijangkau dengan sepeda motor apalagi kalau menggunakan motor trail. Jangan dikira dapat menggunakan motor matic disini bisa-bisa mur bautnya lepas sendiri-sendiri. Perjalanan sebelum mencapai pantai, anda akan disuguhi pemandangan tebing disisi kanan dan sungai aliran lahar gunung semeru disebelah kiri, sangat memukau memang.


Setibanya di Pantai, Anda akan melihat hamparan pasir hitam. Hal ini memang tidak biasa, pantai biasanya berpasir putih. Hal ini dikarenakan didekat pantai ini ada aliran lahar dari Gunung Semeru yang bermuara di sisi timur pantai ini.
Pantai ini menyajikan pemandangan yang cukup bagus, mulai dari batu-batu karang, ombak yang berdebur menghantam jajaran karang, dari kejauhan anda juga dapat melihat Pulau Nusa Barung, masih banyak lagi yang bisa dilihat.
Anda tertarik kesana?

Komentar

  1. Gan Pantainya Didaerah Malang selatan mana ...

    BalasHapus
  2. Kalau mau ke Pantai Licin, Start dari Kota Malang ke arah Lumajang. Detailnya, Malang>Turen>Dampit>Sampai Pertigaan Sumberrejo (garasi Bus Putra Mulya) Masuk ke kanan Terus sampai Desa Lebakharjo. Detailnya Sumberrejo>Buncis>Sonowangi>Hutan Perhutani>Lebakharjo. dari lebakharjo bisa tanya ke arah pantai licin. orangnya disana ramah-ramah kok.

    BalasHapus
  3. Kalau dari malang kota, ke pantai licinnya berapa jam ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malang-Sumberrejo 2 Jam (kalo lalu lintas sibuk), Sumberrejo-Licin 2 Jam

      Hapus
  4. Saya sudah pernah kesini .. yey ... :-D keren pokok e ...

    BalasHapus
  5. kalo dari lumajang bisa masuk lewat tempursari

    BalasHapus
  6. wahh.. pengen kesana.. nice posting agan Khoirul..

    BalasHapus
  7. iye nih boz, jadi pingin kesana juga, tapi emang masih belum bisa mobil ya?

    BalasHapus
  8. indah banget gan,, di jalan adrenalin kita yang kerja keras . .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Car Alarm System

Namanya hobby ya hobby, ya rasanya seneng ketika ngelakuin. Ini sama seperti yang saya rasain ketika umek-umek dibidang Otomotif. Salah satunya saat aku dapet mobil pick-up buat ngangkut barang usahaku. Kebetulan aku paling penasaran dengan yang namanya alarm mobil, penasaran bukan sekedar pengen punya system alarm yang seperti itu tapi penasaran dengan cara kerja, cara pasang, dan tentunya ada kepuasan sendiri buat di pamerin. Mobil pick-up yang beredar dijalanan Negara kita, sangat minim dengan fasilitas keamanan standart. Bukan cuman mobil pick-up yang bertitel murah seperti single cabin pick-up, yang bertitel mahal yang seharga 300 juta keatas aja masih minim fasilitas, padahal mobil-mobil itu dilengkapi system penggerak 4 roda (4WD). Sebut saja seperti Mitsubishi Strada, Mazda BT 50, Ford Ranger, Alarm system tidak disematkan dalam penjualan, yang aku tau hanya Toyota Hi-lux double cabin G series aja dan yang E series nggak disematkan system yang kayak gitu. Ohya, buat Nissan Fron

Trik perbaiki per safety belt

Safety belt (sabuk pengaman) saat ini adalah peralatan pengaman yang mutlak harus ada. Jika tidak anda akan berurusan dengan aparat penegak hukum, tentu akan sangat repot. Namun, apa jadinya jika safety belt anda rusak? Mungkin anda dapat meniru pengalaman pribadi saya. Safety belt secara umun dibedakan menjadi 2, yaitu yang fixed dan yang flexible. Safety belt yang fixed, tidak bisa ditarik biasanya digunakan di mobil yang memakai kursi "racing", kursi penumpang di bagian tengah sedan atau mobil lainnya yang biasanya ada tulisan center-nya, bahkan sampai safety belt yang murahan yang biasa dipakai buat mobil yang tidak ada safety belt bawaan pabrik. Safety belt flexible biasanya menjadi standar bawaan pabrik, atau bisa juga anda membelinya dengan merogoh kocek Rp. 200-ribuan untuk sepasang safety belt fleksible yang paling murah. Namun, bagaimana jika safety belt anda rusak atau patah per (pegas)nya sehingga tidak bisa narik lagi? Ada solusi buat anda jika anda mengalam