Langsung ke konten utama

Mohon maaf lahir batin

Setelah satu bulan berpuasa, tiba saatnya hari kemenangan dan tentunya menang buat yang berpuasa, itupun yang puasanya benar.
Tahun ini terasa betul makna yang didapatkan dari Puasa, lebih paham makna-makna yang ada dari semua aktifitas. Kemarin-kemarin tidak terasa seperti ini, ada yang puasanya hanya sebatas kewajiban, pada tahun berikutnya puasanya sudah mulai bener dan ada "sesuatu" yang nempel dihati, mungkin baru kena bau-nya tattakun (taqwa). Tahun ini beda, bukan disuasana, bukan ditempat, tapi di hati. Iman mungkin sedikit naik, tattakun mungkin juga sama, atau naik dikitlah. Tapi perasaan mengambil makna dari sesuatu kejadian yang ada itu yang ada dihati sekarang.
Tidak tahu apa yang terjadi, apakah cuman adanya peningkatan kedewasaan diri atau tahun ini lebih sering dengarkan ceramah pagi diradio mobil saat berangkat kerja, aku nggak tahu. Seperti waktu anakku jalan sendiri diparkiran pasar dan balik sudah dapat buah kelengkeng dari pedagang buah diparkiran pasar. Anakku lantas mau membuka kulit dan memakan buah itu, nggak tahu hati ini langsung bergerak dan bilang, "jangan athira!", cegahku.
"athira minta dulu sama bapak itu, ayo papa anter".
Trus, aku gendong athira dan bilang ke bapak penjual buah, "om aku minta satu kelengkengnya buat anakku ya" kataku ke om tersebut yang kebetulan aku kenal.
Kata om-nya, "ambil aja, tadi memang tak suruh ngambil kok. Ambil yang ini juga, cuman buat anak kecil aja kok!"
Ada perasaan lega mendengar jawaban om.
Dalam fikiranku, aku takut anakku memakan sesuatu yang tidak jelas hukumnya apalagi yang haram. Takut sesuatu yang haram sedikit aja akan mempengaruhi perilakunya dimasa-masa mendatang, takut juga ditanyain diakhirat nanti, "hey, khoirul kamu kasih makan yang halal ajakah anak istrimu" berabe jadinya kalau salah, pengennya dapet kavling-an di surga bisa-bisa mampir dulu di Neraka. Naudzubilah mindalik, jangan sampai deh. Kemarin tidak terlalu memperhatikan (sensitif) sampai segitunya.
Cari duit juga jadi hati-hati betul dan sering cerewetin istri akan sesuatu soal dagang, soalnya denger cerita ceramah ustad diradio mobil, kalau Nabi Sulaiman itu kaya raya, saking kayanya konon nanti proses hisab hartanya diakhirat, memakan waktu sampai ratusan tahun buat meng-audit, gara-gara saking banyaknya. Padahal itu hitungan tahunnya akhirat, bukan tahunnya dunia. Cuman buat ditanyain, "Hartamu yang tanggal segini, jam segini, detik segini kamu dapatkan dengan cara gimana dan kamu belanjakan dengan cara gimana?".
Itu cuman 2 contoh makna yang bisa aku share, padahal di Ramadhan ini aku dapatkan ilmu (makna) dari ratusan kejadian dibulan ramadhan ini.
Apakah ada peningkatan taqwa?
Kalau keimanan perasaan meningkat tipis aja, tapi muncul ada ketakutan kegerus lagi setelah ramadhan.
Tidak tahu apa yang terjadi, namun terasa ada perasaan yang positif. Semoga ini hasil dari puasa yang bagus, meski tidak tahu apakah itu bener-bener bagus atau tidak karena itu sepenuhnya penilaian hanya Allah ta'ala yang tahu.
Dihari yang fitri ini, saya minta maaf ke semuanya. Bila selama ini ada kesalahan, ketersinggungan atau apalah yang membuat dosa diantara kita saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Semoga, ke-fitrahan ini tetap terjaga dan kalau tergerus sedikit aja-lah dan sebelum tergerus dengan dosa yang lebih banyak lagi, kita sudah bertemu ramadhan yang akan datang.
..........................................
This email was sent using Nokia N78 and Powered by khoirulmustofa.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Car Alarm System

Namanya hobby ya hobby, ya rasanya seneng ketika ngelakuin. Ini sama seperti yang saya rasain ketika umek-umek dibidang Otomotif. Salah satunya saat aku dapet mobil pick-up buat ngangkut barang usahaku. Kebetulan aku paling penasaran dengan yang namanya alarm mobil, penasaran bukan sekedar pengen punya system alarm yang seperti itu tapi penasaran dengan cara kerja, cara pasang, dan tentunya ada kepuasan sendiri buat di pamerin. Mobil pick-up yang beredar dijalanan Negara kita, sangat minim dengan fasilitas keamanan standart. Bukan cuman mobil pick-up yang bertitel murah seperti single cabin pick-up, yang bertitel mahal yang seharga 300 juta keatas aja masih minim fasilitas, padahal mobil-mobil itu dilengkapi system penggerak 4 roda (4WD). Sebut saja seperti Mitsubishi Strada, Mazda BT 50, Ford Ranger, Alarm system tidak disematkan dalam penjualan, yang aku tau hanya Toyota Hi-lux double cabin G series aja dan yang E series nggak disematkan system yang kayak gitu. Ohya, buat Nissan Fron

Trik perbaiki per safety belt

Safety belt (sabuk pengaman) saat ini adalah peralatan pengaman yang mutlak harus ada. Jika tidak anda akan berurusan dengan aparat penegak hukum, tentu akan sangat repot. Namun, apa jadinya jika safety belt anda rusak? Mungkin anda dapat meniru pengalaman pribadi saya. Safety belt secara umun dibedakan menjadi 2, yaitu yang fixed dan yang flexible. Safety belt yang fixed, tidak bisa ditarik biasanya digunakan di mobil yang memakai kursi "racing", kursi penumpang di bagian tengah sedan atau mobil lainnya yang biasanya ada tulisan center-nya, bahkan sampai safety belt yang murahan yang biasa dipakai buat mobil yang tidak ada safety belt bawaan pabrik. Safety belt flexible biasanya menjadi standar bawaan pabrik, atau bisa juga anda membelinya dengan merogoh kocek Rp. 200-ribuan untuk sepasang safety belt fleksible yang paling murah. Namun, bagaimana jika safety belt anda rusak atau patah per (pegas)nya sehingga tidak bisa narik lagi? Ada solusi buat anda jika anda mengalam

Pantai Licin

Pantai Licin atau Pantai Nglicin begitulah penduduk setempat menyebut dengan dialek mereka, terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, tidak ada informasi yang jelas kenapa disebut licin atau nglicin. Pada awal Tahun 90-an pantai ini cukup dikenal karena waktu itu pantai tersebut berada didekat Lokasi Comdeca (perkemahan pertama se-dunia). Fasilitas infrastruktur yang menuju pantai tersebut dibangun begitu baik dengan tidak merubah ke-asli-an pantai tersebut, jalan beraspal sampai ke pantai. Sekarang kondisi pantai ini tetap seperti dulu, hanya jalan yang menuju kesana yang rusak hampir 50% antara perkampungan Desa Lebakharjo sampai Dusun Licin, penyebab kerusakannya paling dominan karena longsor dan terkikis air. Kondisi seperti sekarang paling cocok bagi anda yang berjiwa advanture, pantai indah yang masih asli yang harus ditempuh dengan mendaki dan menuruni bukit serta tebing yang agak curam. Desain jalan yang berliku-liku naik dan turun, menj