Langsung ke konten utama

Car Alarm System

Namanya hobby ya hobby, ya rasanya seneng ketika ngelakuin. Ini sama seperti yang saya rasain ketika umek-umek dibidang Otomotif. Salah satunya saat aku dapet mobil pick-up buat ngangkut barang usahaku. Kebetulan aku paling penasaran dengan yang namanya alarm mobil, penasaran bukan sekedar pengen punya system alarm yang seperti itu tapi penasaran dengan cara kerja, cara pasang, dan tentunya ada kepuasan sendiri buat di pamerin. Mobil pick-up yang beredar dijalanan Negara kita, sangat minim dengan fasilitas keamanan standart. Bukan cuman mobil pick-up yang bertitel murah seperti single cabin pick-up, yang bertitel mahal yang seharga 300 juta keatas aja masih minim fasilitas, padahal mobil-mobil itu dilengkapi system penggerak 4 roda (4WD). Sebut saja seperti Mitsubishi Strada, Mazda BT 50, Ford Ranger, Alarm system tidak disematkan dalam penjualan, yang aku tau hanya Toyota Hi-lux double cabin G series aja dan yang E series nggak disematkan system yang kayak gitu. Ohya, buat Nissan Frontier Navara, terus terang aja aku nggak tau soalnya belum pernah nyoba mobil itu.
Balik lagi, alarm mobil ternyata basic-nya Logic Controll. Temen-temen dari electro pasti tahu hal yang kayak gini. Nah, diBontang sini khan harga-harga komponen mobil jauh lebih mahal dibanding di Jawa. Tanya-tanya ke Variasi mobil, alarm paling muran sekitar Rp. 700-an ribu, itupun belum termasuk ongkos pasangnya. Namun, hasil jalan-jalan ke Toko serbu aku dapatkan Alarm mobil merk Raiton, seharga Rp. 265.000. Dasar pemilihannya sih bukan didasarkan pada kualitas atau merk tapi didasarkan harga yang murah. Soalnya memang semata-mata buat mengobati keingin tahuan aja.

Gambar Dus Alarm mobil yang aku beli
Dalam pembeliannya disertakan juga kabel-kabel, lampu LED indicator, sirine, cara pemasangan, dan lain-lain.
Untuk pemasangan alarm ini, ikutin aja sesuai skema yang tersedia

Gambar skema pemasangan
Namun ada sedikit catatan, untuk penyambungan kabel ke Central lock harus di cek dulu. Aku ngikut petunjuk pemasangan sesuai sama yang ada dalam diagram, nggak bias-bisa, malahan alarm sempat nge-flash. Untungnya, masih dapat di reset dengan menekan tombol reset yang ada. Setelah dapet petunjuk dari temen yang ahli pada pemasangan alarm, disarankan modul utama central lock dilepas biar tidak ada arus yang bertabrakan dari modul central lock dan modul alarm. Alarm jenis ini sudah dilengkapi dengan alat penggerak actuator central lock, jadi pemasangannya tinggal menyambungkan kabel orange ke kabel biru actuator dan kabel orange-black ke kabel hijau actuator. Untuk kabel yellow, yellow-black, dan white dibuat free (tanpa sambungan)
Nah, dengan begitu mobil pick up kecil-pun bias bergaya kayak mobil mewah.

Komentar

  1. Assalaamu 'alaikum wr. wb.

    Nama sy Insan.

    Mas mau tanya utk tanda gunting di gambar (kanan atas) bagian Start Wire (green).
    Utk Potongannya, masing2 disambungkan ke mana?

    Terus untuk kabel Brown yg ke Direction Light, apakah ditambahkan diode (D1 & D2)?

    Jazakallah khairan katsiran.

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam wr.wb.
    oiya, kabel green (kabel start) adalah kabel yang buat menyalakan starter mobil. tentunya warna masing-masing mobil berbeda. kabel tersebut terhubung langsung dari kunci kontak ke dinamo stater (bendik-jawa, kabel itu bisa anda potong kemudian hasil potongannya di sambung ke engine locking, jika mobil anda nggak ada, sampeyan bisa buat dari relay, dimana kabel kumparan relay salah satu ke kabel kuning dan salah satu ke ACC On, sedang hasil saklar disambung pada 2 kabel start tadi. gunanya pemotongan ini adalah jika ada gangguan yang diterima mobil (dibobol orang misalnya) alarm nyala, maka mobil tidak bisa di start.
    berikutnya untuk diode sudah ada dari sononya. tinggal sambung ke lampu sein kanan dan kiri. guna diode untuk menahan arus balik jika sein on dari flasher-nya

    BalasHapus
  3. Assalam nama saya harun. Mas saya baru beli alarm merek vertice. Rencana saya alarm itu hanya saya gunakan untuk menggerakan central.lock saja. Untuk lampu alarm dan sambungan2 lain tidak akan saya conect. Pertanyaan saya akan ada pengaruh dengan daya yg terpakai

    BalasHapus
  4. Ass, pak master gimana cara reset wireless remote alarm merek safeguard FD-283, matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda alarm beda cara reset-nya. biasanya alarm dilengkapi tombol reset dan letaknya ada yang kelihatan ada yang disembunyikan.

      Hapus
  5. mas bisa gak alarm mobil buat alarm sepeda motor?gimana cara madangnya?email ke bambang_harmoko@yahoo.com

    BalasHapus
  6. mat siang, nama saya andre.
    mau tnya nich, sentral lock mbil saya jika di gunakan manual (dengan menekan kunci pintunya) untuk mengunci bisa tapi membukanya gak bisa, apam yang rusak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas andre, apakah itu yang kunci master yang ada di pintu supir? dan kalo ditekan semua terkunci? kalau ya berarti ada masalah di actuator masternya yang ada di pintu supir. diganti aja actuatornya, paling harganya dibawah 50 ribuan, tergantung tempat pembeliannya. ingatnya kabelnya biasanya 5 bukan yang 3 kabel

      Hapus
  7. Assalamualaikum, slam kenal buat mas khairul. saya di Medan. mauatanya n requast ni, saya pasang alarm RAITON n Central lock cuma yang bingung
    1. Cara sambung kabel coklat ke lampu sein. ke kabel flashernya atau langsung ke lampunya?
    2. Cara sambung kabel orange ke Lampu rem FOOT BRAKE. ke switch lampu rem di atas tuas rem atau gimana?
    3. Reques mohon kirim GAMBAR bagain kabel yang disambung ke kabel ALARM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam
      1. Langsung ke lampu sein, tapi daripada tarik kabel panjang lebih baik sambung kabel sein yang di dekat sekering.
      2. lebih baik ke swicth foot brake biar nggak tarik kabel panjang
      3. Foto pemasangannya atau bagan?

      Hapus
  8. Mas harun, tidak ada masalah jika tidak disambungkan, karena masing masing berdiri sendiri yang digerakkan oleh relay pada modul alarmnya. Selamat mencoba...

    BalasHapus
  9. Sempat cb pasang sendiri alarm merk raiton ini, tp sy sempat menemukan mslh. Ketika sy menyambungkan antara alarm dengan central lock mengikuti gambar ke 2, central lockny dpt berfungsi jika menggunakan remote alarm, tp jika kita naik/turunkan kunci yg ada d pintu kemudi secara manual/tangan central lockny tdk dpt berfungsi..sdh itu respon central lock ketika d tekan buka dan kunci melalui remote responya agak lama, kira2 permadalahannya dmn y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipastikan dulu apakah actuatornya di pintu pengemudi itu 5 kabel atau cuma 3 kabel. soalnya treatmentnya berbeda. cuman jangan terlalu berpatokan juga dengan skema, karena yang paling penting adalah prinsip alarm itu sendiri. kalo actuator 5 kabel maka pake model no 2. namun pengalaman saya waktu pasang di innova. 2 kabel yang diskema harus dihubungkan ke car bodi malah dibuat free alias tanpa sambungan ke manapun. tp kalo nyambung ke bodi malah tidak bisa. jadi lebih baik sebelum memasang, pastikan dulu modul alarm terpasang diluar saja. untuk memastikannya pake kabel yang ke central lock dicoba pake avometer. biasanya kabel yang satu jalur itu warnanya hampir sama cuman dibedakan muda sama gelapnya. karena prinsipnya yang ke central lock itu minus dan plus saja yang dibolak balik. itu aja. kalo belum ketemu silahkan kontak lagi. mudah2an bisa saya jelaskan lebih rinci.

      Hapus
  10. mas, saya punya alarm raiton, tp skema pemasangannya hilang,,bisa bantu kirim gambar skemanya mas?

    BalasHapus
  11. Problem saya sama seperti dibertdesk..mohon infonya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dilihat reply saya ke dibertdesk. kalo belum ketemu akan saya jelaskan lebih rinci prinsip kerjanya

      Hapus
  12. untuk saudara belrtdesck dan hadiantara kurniawan
    pengalaman saya juga sama pintu tak bisa di manual,,alhamdulillah saya coba coba akhirnya bisa juga
    1.Kabel putih ke putih sentral lock kabel 5
    2.Putih hitam ke coklat(atau kebalikanya)
    3.kuning +kuning htam ke body(ground)
    4.Orange freee
    pada kasus yg saya temui ternyata sentarl lock butuh groung lewat kabel coklat dan putih hanya sebentar/bbrp detik saja(tidak terus contak)
    demikian semoga bermanfaat ,kalau ada kekeliruan mohon koreksinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang lebih baik di cek dulu arus yang keluar dari modul menggunakan avometer. arus yang keluar cuman sesaat saja. tapi harus dipastikan mana yg plus dan mana yang minus.

      Hapus
  13. Mas, saya mau tanya kabel biru dari module alarm yang ke switch pintu sudah saya sambung langsung dengan kabel swicth pintu depan bagian sopir (swicth pintu satu kabel) tapi pada kondisi alarm aktif pintu saya buka secara manual (tanpa pakai remote) sirine alarm tidak bunyi, mana bagian yang salah, cara sambung kabelnya atau module alarmnya yang rusak? makasih. (alarm kondisi baru merk good one)

    BalasHapus
  14. Mas, saya mau tanya kabel biru dari module alarm yang ke switch pintu sudah saya sambung langsung dengan kabel swicth pintu depan bagian sopir (swicth pintu satu kabel) tapi pada kondisi alarm aktif pintu saya buka secara manual (tanpa pakai remote) sirine alarm tidak bunyi, mana bagian yang salah, cara sambung kabelnya atau module alarmnya yang rusak? makasih. (alarm kondisi baru merk good one)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pahami dulu skema yang ada di lembar/buku manual bawaan alarm. kalo memang kabel biru itu untuk sensor/swicht pintu, baru bisa di test. pengalaman saya, ada beberapa alarm yang berbeda pewarnaan kabelnya. jika memang pasti bahwa kabel biru adalah untuk pintu, cara mengetest nya gampang. swicht pintu itu menghasilkan arus negatif, maka coba dengan memberi ground/negatif pada kabel, jika tidak ada respon/bunyi relay maka modul bermasalah. untuk mengetes swicht pintu, gunakan bohlam yang di sambung ke arus positif dan negatifnya di kabel swicht... semoga bermanfaat.

      Hapus
  15. Mas, email kan jg donk cara pasang alarm mobil di motor..almt: risyana17@yahoo.co.id

    BalasHapus
  16. Mas, mungkin tau cara reset alarm IPF Y21, saya sudah pasang sesuai manual dan berfungsi normal namun.2hari yang lalu remote tak terhubung dengan modul utama alatm.sehingga pintu harus dibuka manual, alarm bunyi dan sampe.sekarang saya.cabut.modul karena belum menemukan.solusi untuk.menghubungkan remote dngan modul.alarm yang diskonek tsb, oiya batere dlm.keaadaan baik di.kedua remote, trims sebwlumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara reset alarm berbeda beda. ada yang model swicht, ada yang model tusuk, ada juga yg model jumper. coba dipastikan lagi dimanualnya.

      Hapus
  17. mas nanya, sy beli alarm mobil lagi coba mau dipasang, cuma sy bingung ad satu kabel yang nggak tau disambungin kemana, di keterangan buku petunjuk bertuliskan NEGATIVE WINDOW RISING OUTPUT, mohon bantuannya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya itu untuk pintu. Cara testnya, Coba dikasih ground/arus negatif dulu. Kalau ada respon, lampu sein menyala, itu adalah untuk pintu. Sambungkan dengan swicht pintu.

      Hapus
  18. mas mhon informasi cara reset alarm merk ipf tombolnya dimana ya? dan skemanya dimana? remotnya gak mau konek padahal msh 2 bulan

    BalasHapus
  19. mas saya beli mobil dan ada alarm raiton, tapi remotenya hilang, apa ada yang jual remotnya saja, trus kalo liat tipe nya dimana, atau ada solusi lain buat remote hilang mas, mohon di email saja mas jawabannya ke febriandi83@yahoo.co.id soalnya jarang nge net, makasih mas Khoirul Mustofa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Remote itu seperti kunci, tidak bisa pakai remote yang lain. Ada cara untuk duplikasi namun rumit, karena terkait data enspkripsi frekwensinya. Lebih baik beli lagi yang baru, tidak mahal koq untuk yang kelas murah. Termurah kayaknya tidak sampai 250 ribu

      Hapus
  20. Asslkm.Mas saya pasang scurity system merek CHALLENGER pada Vitara 93 saya. yang jadi masalah kok serinenya gak bisa bunyi. Padahal dipasang di mobil yang lain serine itu bagus. Kabel utamanya hanya ada satu kelompok : Black(-), Red(+), White(Parking Light), Brown(serine), Orange(Ignition Cut), Green(Lock Out Put), Blue(Unlock Out Put), Grey(Trunk, Black/White(3rd Chanel Out Put), Green/White(Door[-] ), Purple(Door[+] )Yellow (Ignition). Ganti2 mode silent juga tetap gak bunyi. Kira2 apa yang salah ya ? Tolong solusinya. Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek pake lampu kecil/avometer. Biasanya untuk sirine arus yang keluar (+) plus. Jika ada arus yang keluar, harusnya tidak jadi masalah. Jika tidak ada sebaiknya diganti. Namun saya curiga karena diluar kebiasaan warna yang dipakai. biasanya brown itu buat ke sein dan purple door + biasanya warna buat ke sirine. kalo brown ada dioda-nya berarti memang buat sein.
      Bisa ditukar, tapi di cek dulu pakai lampu/avo untuk cek arus yang keluar.
      semoga membantu...

      Hapus
  21. mas, alarm mobil saya merk raiton, klo di teken kunci alarmnya ga menyala knp yah? apa kena valet mode? keluar dr valet mode gmn? ada manualnya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang hapal untuk keluar dari mode silent-nya karena masing alarm ada karakteristiknya. ada yang di tekan lama tombol buka nya, ada yang ditekan 2 kali. paling enak adalah cari tombol reset nya.

      Hapus
  22. Mas punya skema alarm mobil meek raptor?email anangindosound@gmail.com

    BalasHapus
  23. Mas bisa kirim skema alarm mobil merk raptor,?ni email sy.anangindosound@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya nggak punya... mungkin kalau di beri foto dan kabel saya bisa bantu.

      Hapus
  24. Mas mau tanya nih...sya ada masalah m central lock...klo fungsi pada remote bener...pencet lock ngunci dan pencet unlock kebuka..alarm sya g bunyi pi klo posisi kabel putih dan putih hitam sya tukar fungsi lock kok malah buka dan fungsi unlock malah ngunci pi alar fungsi normal alias ada suara...apanya yg bermalah mas??? Mohon pencerahan

    BalasHapus
  25. Mas mau tanya nih...sya ada masalah m central lock...klo fungsi pada remote bener...pencet lock ngunci dan pencet unlock kebuka..alarm sya g bunyi pi klo posisi kabel putih dan putih hitam sya tukar fungsi lock kok malah buka dan fungsi unlock malah ngunci pi alar fungsi normal alias ada suara...apanya yg bermalah mas??? Mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. posisi kabel yang ke actuator (putih dan hitam) jangan ditukar, karena memang akan menukar fungsinya. karena untuk membuka dan menutup lock itu cuma dengan menukar arusnya. kemungkinan ada yang salah dengan kabel sirine nya.

      Hapus
  26. Mas saya mau tau bagaimana caranya pasang alarm mobil pada motor bebek tolong share ya makasih
    Nopanakbar97@gmail.com

    BalasHapus
  27. mas bantu saya dong saya ada bekas alarem mobil nahh saya mau pasang di motor. . .kira kira bisa ga yah?merk alarm nya raiton. . .email saya niaebe@gmail.com d tnghu yahh. . .makasih

    BalasHapus
  28. mas tolong penjelasan'y donk buat instalasi alarm mobil raiton di motor, tolong di email y.
    sein.tatsuya@yahoo.com

    BalasHapus
  29. Selamat pagi, mohon bantuannya Mas. saya pasang alarm di nissan frontier dan ug saya bingung itu door lock acuatornya hanya ada 4 kabel dan sudah ada tombol lock / unlock manual. Gimana cara nyambungnya ya mas. mohon bantuannya pencerahannya dan diagram mohon kirim ke email saya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada tombol lock dan unlock sebenarnya tambah gampang. dan kita tidak perlu lagi berpatokan pada actuator. tombol lock dan unlock itu arahnya ke modul central lock, dan kedua kabelnya cuman perlu arus negatif. anda bisa mencoba memberi arus negatif pada salah satu kabel pada tombol itu, maka akan lock, jika kabel lain di beri maka akan unlock. penyambungan alarm dari modul alarm, dapat diakali dengan mengarahkan arusnya dari modul alarm yang ke actuator, ke tombol lock/unlock. ingat arus harus negatif.

      Hapus
  30. insyaallah bisa. nantikan ulasannya dalam waktu dekat ini

    BalasHapus
  31. saya habis pasang alarm mas.tp kok module central lock dilepas sm teknisinya.apa perlu saya pasang lagi ya? soalnya module central lock kan asa relaynya tuh,jd actuator aman. trus skeman nya gimana ya,agar module alarm dan module central lock jalan bareng.makasih

    BalasHapus
  32. Gan, saya punya alarm ini, tapi remotenya ilang, bisa gak ya alarm ini kayak semacam learning remote baru gitu ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik perbaiki per safety belt

Safety belt (sabuk pengaman) saat ini adalah peralatan pengaman yang mutlak harus ada. Jika tidak anda akan berurusan dengan aparat penegak hukum, tentu akan sangat repot. Namun, apa jadinya jika safety belt anda rusak? Mungkin anda dapat meniru pengalaman pribadi saya. Safety belt secara umun dibedakan menjadi 2, yaitu yang fixed dan yang flexible. Safety belt yang fixed, tidak bisa ditarik biasanya digunakan di mobil yang memakai kursi "racing", kursi penumpang di bagian tengah sedan atau mobil lainnya yang biasanya ada tulisan center-nya, bahkan sampai safety belt yang murahan yang biasa dipakai buat mobil yang tidak ada safety belt bawaan pabrik. Safety belt flexible biasanya menjadi standar bawaan pabrik, atau bisa juga anda membelinya dengan merogoh kocek Rp. 200-ribuan untuk sepasang safety belt fleksible yang paling murah. Namun, bagaimana jika safety belt anda rusak atau patah per (pegas)nya sehingga tidak bisa narik lagi? Ada solusi buat anda jika anda mengalam

Pantai Licin

Pantai Licin atau Pantai Nglicin begitulah penduduk setempat menyebut dengan dialek mereka, terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, tidak ada informasi yang jelas kenapa disebut licin atau nglicin. Pada awal Tahun 90-an pantai ini cukup dikenal karena waktu itu pantai tersebut berada didekat Lokasi Comdeca (perkemahan pertama se-dunia). Fasilitas infrastruktur yang menuju pantai tersebut dibangun begitu baik dengan tidak merubah ke-asli-an pantai tersebut, jalan beraspal sampai ke pantai. Sekarang kondisi pantai ini tetap seperti dulu, hanya jalan yang menuju kesana yang rusak hampir 50% antara perkampungan Desa Lebakharjo sampai Dusun Licin, penyebab kerusakannya paling dominan karena longsor dan terkikis air. Kondisi seperti sekarang paling cocok bagi anda yang berjiwa advanture, pantai indah yang masih asli yang harus ditempuh dengan mendaki dan menuruni bukit serta tebing yang agak curam. Desain jalan yang berliku-liku naik dan turun, menj