Langsung ke konten utama

Batubara

Sungguh suatu anugerah dari Pencipta Alam ini. Kekayaan alam yang melimpah ruah, tentunya patut kita syukuri setiap waktu.
Salah satu kekayaan alam yang diberikan kepada kita adalah Batubara.
Seperti foto yang anda lihat diatas itu merupakan Tambang tempat saya bekerja. Saya adalah salah satu bagian dari kurang lebih 6.000-an pekerja yang bekerja dari mulai batubara tersebut di tambang sampai dipasarkan, mulai level terbawah sampai level management, ada pekerja lokal, dari daerah lain, bahkan ada yang dari luar negeri.
Coba kita hitung, berapa banyak orang yang tercukupi dengan salah satu kekayaan ini. Misalkan pekerja yang sudah berkeluarga sebanyak 70% dari total pekerja, kemudian dari yang berkeluarga memiliki seorang istri dan anggap saja dengan 2 anak didalamnya, sudah 14.400 orang yang tercukupi kebutuhannya jika ditotal dengan yang belum berkeluarga. Ini belum terhitung dampak positif ekonomi yang dihasilkan, seperti adanya toko, yang berjualan makanan, sampai tukang kredit motor atau mobil bagi pekerja. Berapa juga pemasukan yang akan didapatkan Negara dari hasil langsung dan tidak langsung dengan adanya kekayaan alam ini? Sungguh suatu kegiatan yang padat karya. Sudahkah kita bersyukur akan pemberian ini?
Saya sangat senang dengan sistem penambangan ditempat saya bekerja, tambang yang terletak di daerah Kalimantan Timur ini memiliki komitment besar pada keselamatan pekerja, kesehatan, dan lingkungan hidup. Salah satu contoh adalah managemen penambangannya seperti proses reboisasi dari tempat yang telah selesai ditambang, ketatnya pengelolaan limbah sehingga tidak mencemari lingkungan. Inilah salah satu bentuk action dalam mengurangi efek negatif dari suatu project, sebagai implikasi rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa.
Moga-moga hal positif yang seperti ini ditiru oleh tambang-tambang lain di Negeri ini.
Jujur saja, masih sedikit sekali Tambang-tambang di Negeri ini yang memiliki komitment terhadap lingkungan, banyak yang hanya memikirkan keuntungan pribadi tanpa melihat efek negatif yang dihasilkan. Mengapa tidak mencoba untuk peduli terhadap lingkungan? Tidak tanggapkah terhadap perubahan iklim yang sekarang ini. Miris rasanya hati ini jika melihat berita tentang dampak kerusakan lingkungan akibat penambangan di Bangka, Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan Wilayah lainnya. Wajar saja jika suatu penambangan akan berhadapan langsung dengan LSM yang peduli lingkungan. Mengapa tidak kita coba untuk menampilkan sesuatu action yang bersifat green company. Ya mulai dari green policy, green product, green process, sampai green employee.
Buat yang lain, cobalah tampilkan komitmennya terhadap lingkungan, sehingga perusahaan anda dan anda sendiri tentunya tidak berhadapan langsung dengan LSM Lingkungan apalagi Aparat Penegak Hukum.
Ingat peraturan perundang-undangan ditahun 2010 lebih ketat mengenai dampak pencemaran lingkungan, sanksi dan denda bertambah berat dari tahun sebelumnya. Tentunya yang lebih ngeri, undang-undang tersebut bisa dijatuhkan kepada Perusahaan dan Personal sebagai karyawan.
Karena itu, mencontek dari kata-kata kyai terkenal, ayo kita lebih peduli lingkungan mulai sekarang, mulai dari yang kecil, dan mulai dari kita.
Semoga Tuhan memberikan keberkahan terhadap usaha kita. Amin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Car Alarm System

Namanya hobby ya hobby, ya rasanya seneng ketika ngelakuin. Ini sama seperti yang saya rasain ketika umek-umek dibidang Otomotif. Salah satunya saat aku dapet mobil pick-up buat ngangkut barang usahaku. Kebetulan aku paling penasaran dengan yang namanya alarm mobil, penasaran bukan sekedar pengen punya system alarm yang seperti itu tapi penasaran dengan cara kerja, cara pasang, dan tentunya ada kepuasan sendiri buat di pamerin. Mobil pick-up yang beredar dijalanan Negara kita, sangat minim dengan fasilitas keamanan standart. Bukan cuman mobil pick-up yang bertitel murah seperti single cabin pick-up, yang bertitel mahal yang seharga 300 juta keatas aja masih minim fasilitas, padahal mobil-mobil itu dilengkapi system penggerak 4 roda (4WD). Sebut saja seperti Mitsubishi Strada, Mazda BT 50, Ford Ranger, Alarm system tidak disematkan dalam penjualan, yang aku tau hanya Toyota Hi-lux double cabin G series aja dan yang E series nggak disematkan system yang kayak gitu. Ohya, buat Nissan Fron

Trik perbaiki per safety belt

Safety belt (sabuk pengaman) saat ini adalah peralatan pengaman yang mutlak harus ada. Jika tidak anda akan berurusan dengan aparat penegak hukum, tentu akan sangat repot. Namun, apa jadinya jika safety belt anda rusak? Mungkin anda dapat meniru pengalaman pribadi saya. Safety belt secara umun dibedakan menjadi 2, yaitu yang fixed dan yang flexible. Safety belt yang fixed, tidak bisa ditarik biasanya digunakan di mobil yang memakai kursi "racing", kursi penumpang di bagian tengah sedan atau mobil lainnya yang biasanya ada tulisan center-nya, bahkan sampai safety belt yang murahan yang biasa dipakai buat mobil yang tidak ada safety belt bawaan pabrik. Safety belt flexible biasanya menjadi standar bawaan pabrik, atau bisa juga anda membelinya dengan merogoh kocek Rp. 200-ribuan untuk sepasang safety belt fleksible yang paling murah. Namun, bagaimana jika safety belt anda rusak atau patah per (pegas)nya sehingga tidak bisa narik lagi? Ada solusi buat anda jika anda mengalam

Pantai Licin

Pantai Licin atau Pantai Nglicin begitulah penduduk setempat menyebut dengan dialek mereka, terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, tidak ada informasi yang jelas kenapa disebut licin atau nglicin. Pada awal Tahun 90-an pantai ini cukup dikenal karena waktu itu pantai tersebut berada didekat Lokasi Comdeca (perkemahan pertama se-dunia). Fasilitas infrastruktur yang menuju pantai tersebut dibangun begitu baik dengan tidak merubah ke-asli-an pantai tersebut, jalan beraspal sampai ke pantai. Sekarang kondisi pantai ini tetap seperti dulu, hanya jalan yang menuju kesana yang rusak hampir 50% antara perkampungan Desa Lebakharjo sampai Dusun Licin, penyebab kerusakannya paling dominan karena longsor dan terkikis air. Kondisi seperti sekarang paling cocok bagi anda yang berjiwa advanture, pantai indah yang masih asli yang harus ditempuh dengan mendaki dan menuruni bukit serta tebing yang agak curam. Desain jalan yang berliku-liku naik dan turun, menj